Tips Bisnis Jualan Bakso

bakso
bakso

Bakso adalah makanan yang banyak dijual di manapun Anda berada yang dijajakkan di pinggir jalan. Makanan bakso yang dicampur dengan mi tentu sangat menggugah selera dan membuat kita ketagihan.

Mi dengan bakso itu semakin lezat jika dimakan hangat-hangat lengkap dengan sambal. Semakin mantap.

Hampir di semua daerah di Indonesia terdapat pedagang bakso. Jenis kuliner bakso ini memiliki pangsa pasar yang luas, apalagi jika rasa dan tampilannya begitu menggoda.

Karena itu, dengan kualitas dan strategi pemasaran yang tepat, sebutir bakso mentah, yang kemudian bisa direbus atau diolah kembali menjadi makanan siap santap (seperti pedagang bakso gerobak), akan memiliki nilai lebih di mata penikmatnya.

Strategi Pemasaran Usaha Bakso Mentah

– Buat akun media sosial atau situs web yang berisi berbagai hal mengenai bakso produksi kita. Gunakan foto yang menarik dan beri penjelasan tentang jenis bakso yang dijual.

– Anda bisa memanfaatkan media sosial yang menampilkan beragam menu dan kenikmatan mie ayam Anda. Cara ini efektif untuk memasarkan produk Anda.

– Cantumkan dengan jelas tata cara pembelian sampai pada pengiriman dan tata cara produksi.

– Upload dan iklankan situs web atau blog yang sudah dibuat setiap hari. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyebarkannya melalui jaringan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sejenisnya.

– Lakukan prinsip jemput bola dengan menawarkan produk bakso Anda ke restoran, katering, perkantoran, dan kantin sekolah. Penawaran ini bisa dilakukan secara online atau mengirim email. Jangan putus asa jika ditolak.

– Pastikan juga bakso Anda berkualitas dan memiliki rasa yang mantap. Jaga kualitas rasa bakso tersebut.

Kendala dan Antisipasi

1.Bakso ini termasuk makanan yang tidak bisa awet berhari-hari. Maka, kendalanya adalah pada pengiriman ke luar kota atau luar pulau sehingga mesti dilakukan proses pembekuan terlebih dulu.

Karena itu, sebaiknya cantumkan atau beritahukan ke calon konsumen tentang minimal pemesanan dan waktu pengirimannya bagi pelanggan yang ada di luar kota atau luar pulau. Tujuannya agar penjual bisa mengatur berbagai hal yang dibutuhkan untuk memproduksi bakso.

2. Jika kemudian ada pelanggan yang mengeluhkan rasa dan kualitas bakso, jangan bersikap tidak mau kalah. Terimalah itu sebagai kritik dan jangan segan untuk meminta maaf. Katakan bahwa kita akan segera memperbaikinya dan sekaligus berikan dia bonus jika memesan kembali.

Tips Usaha Bakso Mentah

– Perbanyak stok bakso di waktu-waktu tertentu seperti pada Hari Raya Idul Fitri, hari besar atau hari raya, libur sekolah, dan bulan dzulhijjah di mana banyak orang yang menggelar hajatan.

– Pastikan produk bakso kita tersimpan baik di tempat pembekuan atau kulkas atau sejenisnya.

Perkiraan Modal Membuat Usaha Bakso

– Alat masak: Rp 500 ribu
– Kompor + gas tabung: Rp 1 juta
– 30 kg daging sapi (Rp 90 ribu/kg): Rp 2,7 juta
– 10 kg tepung (Rp 15 ribu/kg): Rp 150 ribu
– Bumbu: Rp 200 ribu
– 2 tenaga kerja (Rp 1 juta/orang/bulan): Rp 2 juta
– Akses internet: Rp 200 ribu
– Kertas bungkus, kardus, plastik: Rp 500 ribu
– Transportasi: Rp 500 ribu
– Biaya lain: Rp 1 juta

Perkiraan total modal: Rp 8.750.000

Sekian, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *