Sentimen Positif dan Negatif pada IHSG Senin 7 Juni

Indeks harga saham gabungan bergerak secara variatif pada perdagangan hari ini, Senin 7 Juni. Hingga akhirnya, indeks hari ini ditutup pada zona hijau.

Ada beberapa hal yang membuat pasar berada di sentimen positif. Di antaranya, berdasarkan tim riset Indo Premier Sekuritas, pertama adalah stabilnya tambahan kasus baru Covid-19 di dalam negeri pada kisaran Rp 6.000-an per hari.

Hal itu lebih rendah dari lonjakan kasus pada bulan Januari yang sempat bertambah 14.500-an per hari. Kedua, ialah menguatnya indeks di bursa Wall Street seiring solidnya data nonfarm payroll.

Namun ada juga sentimen negatif di pasar, yaitu berlanjutnya sentimen negatif seiring dengan rencana pemerintah yang tidak akan memberikan izin PLTU baru selepas tahun 2025. Sehingga inilah yang menjadi katalis negatif di pasar.

IHSG ditutup menguat +5 poin (+0.08%) pada level 6,069. Sektor teknologi dan sektor barang konsumen non-primer yang masing-masing mengalami kenaikan +646 poin (+12.1%) dan +16 poin (+2.1%) menjadi kontributor terbesar bagi penguatan indeks harga saham gabungan hari ini.

Investor asing membukukan penjualan bersih (foreign net sell) sebesar 190.1 miliar di pasar reguler. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika menguat +30 poin (+0.21%) pada level Rp14,265. []

Sumber: Ipotnews

 

Leave a Comment