Reksadana, Investasi Terbaik Bagi Pemula

dampak kegagalan proses bisnis

VINANSIA.COM — Kini telah hadir ragam investasi yang tentunya bisa Anda pilih sebagai cara untuk mengarungi masa depan yang lebih cerah dari masa sekarang. Lantas, sebetulnya apa investasi yang tepat? Apakah cukup hanya dengan menabung?

Di antara jenis investasi yang ada saat ini, mulai dari yang klasik sampai yang modern, ialah emas, reksadana, obligasi, saham, properti, ETF, koleksi barang antik hingga bisnis.

Meski begitu, dari semua jenis investasi tersebut, banyak kalangan yang merekomendasikan reksadana bagi Anda investor pemula. Mengapa Anda harus memilih reksadana? Simak penjelasan berikut ini.

1. Tidak Cukup Hanya dengan Menabung

Kegiatan menabung tentu saja tidak bisa ditinggalkan, namun, agar bisa menikmati masa depan yang lebih cerah, menabung tidaklah cukup. Sebab, simpelnya, nilai uang yang ditabung akan berkurang daya belinya mengingat adanya ketergerusan akibat inflasi.

Kata kuncinya adalah, “Investasi reksadana adalah pilihan yang tak bisa dihindarkan untuk dipilih karena investasi ini bisa mengalahkan inflasi (selain emas). Return yang diberikan reksadana di atas rata-rata inflasi.”

2. Sangat Terjangkau

Dulu investasi identik dengan kalangan berkantong tebal, tetapi pandangan ini telah berubah karena terus tumbuhnya reksadana.

Investasi reksadana terjangkau sehingga bisa diakses oleh semua elemen masyarakat. Cukup dengan Rp 100 ribu, Anda bisa berinvestasi.

Menabung memang bisa dilaksanakan secara per bulan, termasuk juga investasi reksadana. Anda bisa rutin menabung pada reksadana.

Dengan demikian, jika semua sudah terkumpul, tentu nilainya akan menjadi besar. Untuk jangka panjang, bunga tabungan lebih kecil dibandingkan return (imbal hasil) pada reksadana.

Return reksadana mengalahkan bunga tabungan dan bahkan deposito. Jadi, dengan modal yang sangat terjangkau atau bahkan sama besarnya dengan tabungan, return dari reksadana lebih besar ketimbang bunga tabungan.

3. Sangat Mudah

Dulu, investasi itu berwujud dokumen dan berkas-berkas fisik. Dan ini berbeda dengan zaman sekarang. Investasi di masa kini sudah serba online, termasuk reksadana.

Cukup buka ponsel pintar alias smartphone atau laptop. Dari registrasi sampai transaksi, semua sudah online.

Investasi sudah diperjual-belikan secara online melalui aplikasi seperti platform IPOTFund yang sudah terintegrasi di aplikasi IPOT besutan Sekuritas karya anak bangsa PT Indo Premier Sekuritas.

Investasi reksadana di supermarket reksadana online terbesar di Indonesia itu menyediakan 259 reksadana dari 42 Manajer Investasi dan akan memberikan pengalaman yang mudah bagi Anda dan di mana saja. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *