11 Cara Atur Keuangan yang Sudah Ketinggalan Zaman karena Faktor Pandemi

Inilah ulasan kami tentang cara atur keuangan tradisional dan sudah ketinggalan zaman sehingga tidak berlaku lagi diterapkan pada tahun 2021.

Tahun 2020 adalah tahun yang mencekam. Selama tahun itu pula kita belajar tentang arti penting mengelola keuangan secara bijak dan sekaligus juga membuat kita berpikir untuk mengubah tata cara mengatur keuangan konvensional.

Dengan demikian, ada beberapa aturan keuangan konvensional yang sebenarnya tidak patut kita lakukan lagi karena pandemi Covid-19. Pandemi virus corona mengubah dunia kita dan banyak aturan keuangan itu, selamanya.

baca juga: 7 Strategi Berinvestasi Supaya Untung Berlipat

Karena itu, kita perlu mengetahui cara konvensional mana yang seharusnya tidak lagi Anda lakukan dalam mengatur keuangan. Dan berikut ini adalah 11 cara keuangan konvensional yang sebetulnya tidak perlu lagi kita berlakukan karena pandemi Covid-19.

1. Menyisihkan Uang Selama 3 Bulan ke dalam Tabungan Darurat

Memiliki simpanan darurat sangat penting untuk mengatasi kesulitan keuangan seperti kehilangan pekerjaan atau untuk biaya pengobatan. Selama ini pun para ahli merekomendasikan untuk menghemat pengeluaran selama tiga bulan, untuk kemudian disisihkan ke dalam tabungan darurat.

Namun, selama pandemi terjadi, menghemat pengeluaran dan menyisihkan uang untuk membuat tabungan darurat tidak cukup hanya 3 bulan. Sebab banyak kalangan yang terpukul dari sisi finansial oleh situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Karena 3 bulan bukan lagi waktu yang cukup untuk membuat simpanan darurat, kini kami merekomendasikan Anda untuk menghemat pengeluaran dan menyisihkan uang selama 6 bulan atau lebih agar memiliki tabungan darurat yang bisa digunakan untuk situasi darurat, seperti pengobatan atau pegangan jika terjadi PHK.

Catat baik-baik, poinnya adalah, cara untuk membuat tabungan atau simpanan atau dana darurat yaitu dengan berhemat dan menyisihkan uang selama 6 bulan atau lebih, bisa juga 9 bulan atau bahkan 12 bulan. Sebab, waktu 3 bulan tidak lagi cukup untuk membuat dana darurat.

Leave a Comment