Cara Mengetahui Aset Kripto Ilegal

VINANSIA.COM — Orang yang melakukan perdagangan aset kripto adalah orang yang melek keuangan dan mengerti betul resiko perdagangan kripto. Masalahnya terdapat investasi aset kripto ilegal di Indonesia.

Penawaran investasi melalui Telegram dengan memasukkan masyarakat dalam group investasi merupakan salah satu pekerjaan ilegal.

Jika warga dirugikan oleh investasi ilegal, segera melapor ke polisi. Investor atau trader harus mengetahui jika aset kripto itu high gain high risk karena pergerakan harga cepat sekali. Ingat, investasi aset kripto terbaik selalu mempunyai resiko.

Bila menerima penawaran investasi aset kripto Indonesia dengan iming-iming imbal hasil tinggi, maka masyarakat perlu mengenali status legalitas dan produk-produk yang terdaftar di Bappebti serta keuntungan yang wajar.

Ciri Aset Kripto Ilegal

Untuk menghindari investasi aset kripto ilegal, ada 5 ciri-ciri yang harus dipahami. Berikut ini penjelasan lengkapnya, yang bisa kamu simak:

1. Aset Kripto Janjikan Keuntungan Tidak Wajar

Ciri pertama adalah menawarkan keuntungan yang tidak wajar besarannya. Satu diantaranya ialah memiliki prospek keuntungan tidak wajar dengan cepat. Jelas hindari ini ya.

2. Janjikan Bonus Sesudah Menarik Anggota Baru

Ciri kedua ialah menawarkan bonus setelah kamu menarik anggota baru. Dengan menjanjikan bonus dari penerimaan anggota baru, anggota get anggota, maka ini adalah ciri aset kripto ilegal.

3. Manfaatkan Tokoh Masyarakat

Ciri ketiga yaitu menggunakn tokoh atau publik figur. Ingat, jangan terlena dengan sebuah aset kripto hanya karena dipromosikan oleh selebriti. Manfaatkan figur masyarakat, figur agama, atau public figur untuk menarik minat melakukan investasi kripto.

4. Mengeklaim Tanpa Resiko

Wah apalagi poin keempat ini, yang mengklaim tanpa ada risiko. Klaim tanpa resiko (free risk). Ingat, dalam semua investasi, tentu mempunyai resiko. Pastinya untuk meminimalkan imbas resiko ini diperlukan pengetahuan yang dalam mengenai investasi tersebut.

5. Legalitas yang Tidak Jelas

Selanjutnya ialah legalitas tidak jelas. Ingat, Anda harus benar-benar menyeleksi beberapa pihak yang tawarkan investasi kripto. Salah satunya dengan mencari tahu legalitas mereka.

Anda pun perlu ingat, bahwa aset kripto terbaik tidak dianggap sebagai alat pembayaran yang resmi di Indonesia.

Pahami Aturan BAPPEPTI

Merujuk pada Ketentuan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Nomor 5 Tahun 2019 dan Nomor 8 Tahun 2021 menjelaskan, aset kripto ialah komoditi tidak berbentuk yang berupa digital aset, memakai kriptografi, jaringan peer-to-peer,

dan buku besar yang terbagi, untuk mengontrol pembuatan unit baru, mengecek transaksi bisnis, dan mengamankan transaksi bisnis tanpa campur tangan pihak lain.

Bappebti sudah mengeluarkan daftar aset kripto yang bisa diperjualbelikan dan pedagang aset kripto yang sudah mendapatkan persetujuan untuk melakukan transaksi bisnis aset kripto Indonesia.

Pedagang fisik aset kripto terbaik ialah pihak yang sudah mendapat persetujuan dari Bappebti untuk melaksanakan transaksi bisnis aset Kripto baik atas nama diri kita, dan/atau memberikan fasilitas transaksi bisnis konsumen aset kripto Indonesia.

Jika menemukan penawaran investasi ilegal, segera diadukan ke Satuan tugas Siaga Investasi lewat e-mail waspadainvestasi@ojk.go.id. []

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *