Apa itu Stock Split? Yuk Kenali Istilahnya di Sini

apa itu stock split
Mengenal apa itu stock split.

Apa itu stock split? Istilah ini mungkin terdengar asing bagi Anda yang baru memulai investasi saham. Simak artikel ini sampai habis untuk mendapat penjelasan tentang stock split.

Baru-baru ini ramai kabar soal PT Bank Mandiri Tbk yang ingin melakukan aksi korporasi stock split dengan rasio 1:2. Namun, sebenarnya apa sih maksud dari stock split ini?

Stock split adalah kata lain dari membagi atau memecah nilai saham. Artinya, stock split merupakan aksi perusahaan untuk membagi atau memecah nilai sahamnya.

Pertanyaan berikutnya, kenapa perusahaan melakukan stock split? Stock split dilakukan dengan tujuan meningkatkan jumlah saham yang beredar dan menurunkan harga per lembar saham agar menjadi lebih murah sehingga transaksinya bisa menjangkau semua kalangan.

Ilustrasinya begini. Jika kalian punya tanah 1.000 meter dengan harga pasaran Rp1 miliar. Tentu yang mampu membeli tanah tersebut hanya kalangan tertentu dari orang kaya saja.

Nah, karena kalian ingin menjangkau kelas menengah bawah untuk membeli tanah tersebut maka kalian mau tidak mau harus memecah atau membagi tanah tersebut.

Misalnya tanah 1.000 meter tadi dibikin banyak kavling misalnya menjadi 20 kavling dengan harga per kavling Rp50 juta. Secara otomatis harga Rp 50 juta ini bisa menjangkau kelas menengah bawah yang pasarnya jauh lebih luas dibandingkan jika menjual  secara utuh tanah 1.000 meter. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *