Analisis Prospek Saham GOTO Setelah TikTok Berkomitmen Menyuntik Dana Rp 23,4 triliun

Saham GOTO
Analisis Prospek Saham GOTO Setelah TikTok Berkomitmen Menyuntik Dana Rp 23,4 triliun.

VINANSIA.COM — Halo semuanya, kembali lagi bersama vinansia.com. Kali ini kami akan bahas tentang seperti apa prospek saham GOTO di masa depan ketika mendapat suntikan dana segar dari TikTok.

Artikel ini penting untuk disimak karena bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli saham GOTO di bursa efek. Dengan mengetahui secara mendalam saham yang kamu beli, maka kamu pun bisa mengambil keputusan yang tepat dan tidak salah langkah.

Sebab, tidak jarang, kebanyakan orang beli saham GOTO karena didorong spontanitas dan berpikir industri digital pasti punya prospek yang bagus. Padahal tidak selamanya demikian. Buktinya, harga saham GOTO tercatat mengalami penurunan yang dalam selama beberapa bulan terakhir.

Sejatinya, sektor digital memiliki prospek bagus, tetapi tidak selamanya sektor yang memiliki prospek bagus akan menghasilkan cuan besar. Untuk itu, kamu perlu melihat secara jeli perusahaan tersebut. Caranya, adalah dengan menyimak ulasan kami mengenai analisis prospek saham GOTO setelah memperoleh dana segar dari TikTok.

Berapa Dana yang Diberikan TikTOk?

Pertanyaan ini tentu akan muncul di benak kamu. Apakah banyak dana yang diberikan oleh TikTok kepada GOTO? Jawabannya, besaran dana yang dikucurkan tergolong fantastis.

Dilansir laman Ipotnews, TikTok akan memberikan dana sebesar 1,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 23,4 triliun kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk alias GOTO. Sungguh angka yang fantastis.

GOTO telah membuat keterangan pers, yang dimuat di laman Ipotnews. Begini bunyinya, “TikTok berkomitmen menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar pada entitas Tokopedia secara jangka panjang.” Wow, jangka panjang, lho.

Jadi Sentimen Positif

Jika dicermati, adanya dana segar ini memberikan kesempatan bagi saham GOTO untuk mengalami kenaikan. Namun, tentu ini harus dicermati lebih dalam lagi.

Bila kita amati, harga saham GOTO sebetulnya sudah merangkak naik sejak sebelum ada pengumuman resmi terkait kerja sama mereka dengan TikTok. Pengumuman resmi kerja sama antara GOTO dan TikTok terjadi pada hari Senin 11 Desember 2023.

Artinya, dana segar TikTok yang akan disuntik ke GOTO merupakan sentimen yang positif bagi para investor. Dampaknya, banyak yang tertarik untuk membeli saham GOTO sehingga harga sahamnya pun melonjak.

TikTok Jadi Pemegang Saham Mayoritas di Tokopedia

Lantas, berapa persentase kepemilikan TikTok di emiten GOTO? Ini adalah informasi penting yang perlu kamu ketahui. Begini, jadi bentuk kerja sama antara TikTok dan GOTO itu berupa gabungan bisnis antara Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia. PT yang digunakan untuk menaungi keduanya adalah PT Tokopedia.

Dengan dana segar yang dikucurkan oleh TikTok, maka, persentase kepemilikan TikTok di Tokopedia direncanakan ada di angka 75,01 persen. Adapun GOTO memegang saham Tokopedia sebanyak 24,99 persen.

Karena itu, sejatinya TikTok memiliki kekuatan pengendali yang lebih besar daripada GOTO, dalam mengelola bisnis Tokopedia. Mungkinkah akan ada perubahan di platform aplikasi Tokopedia? Wait and see.

Pendanaan yang diberikan oleh TikTok kepada GOTO bahkan tidak akan berhenti pada angka 1,5 miliar dolar AS. Karena ternyata, TikTok berkomitmen memberikan dana segar lagi ke Tokopedia, tanpa mendilusi kepemilikan GOTO.

Ada beberapa hal yang menjadi kesempatan kolaborasi di antara GOTO dan dan TikTok:

  1. Di ranah financial services.
  2. Di ranah on-demand services.

Prospek Saham GOTO Usai Disuntik Dana TikTok

Sebagaimana telah disebutkan, saham GOTO sudah mengalami kenaikan pada hari-hari sebelum ada pengumuman resmi pemberian dana segar dari TikTok. Karena ini menjadi sentimen positif bagi banyak investor.

Namun, dengan masuknya TikTok, tandanya ada harapan terkait pemulihan kinerja emiten GOTO. Maka, harga saham GOTO saat ini masih dalam proses peningkatan alias akan terus menguat. Tidak ada salahnya bila kamu beli saham GOTO di harga Rp 98, dengan target Rp 110-Rp 120.

  • Garis support: Rp 98 (beli di harga ini)
  • Target harga: Rp 110 sampai Rp 120

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *