Siapa Sebenarnya Akun Bjorka & Forum Breach, yang Kembali Bocorkan Data Penduduk Indonesia

Akun bernama Bjorka di dalam Forum Breach kembali menjadi sorotan karena akun tersebut diduga telah membocorkan sekaligus menjual 105 juta database diduga dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Sebelumnya, akun Bjorka pada forum itu membocorkan dan menjual database berupa 1,3 miliar data KTP (Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan KK (Kartu Keluarga) yang digunakan untuk registrasi kartu nomor SIM Card.

Kembali ke database yang diduga dari KPU RI, akun Bjorka pada forum tersebut tercatat melakukan penjualan 105 juta database diduga dari KPU RI.

Dan tentu saja, kami tidak mengetahui apakah data tersebut sudah ada yang membelinya atau belum. Namun, dalam unggahan di forum itu, Bjorka memang tampak tidak banyak bicara. Dia hanya menulis judul dengan bahasa Inggris seperti ini: INDONESIA CITIZENSHIP DATABASE FROM KPU 105M.

database KPU bjorka forum breach

Size atau ukuran database ini, jika ditotal mencapai 24 gigabyte (GB). Dengan rincian data terkompres sebesar 4 GB, dan tidak terkompres sebesar 20 GB. Format database ini adalah CSV, yang diunggah pada September 2022.

Isi database yang diunggah akun Bjorka yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan), KK (Kartu Keluarga), nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, usia dan sebagainya.

Sebenarnya siapa Bjorka dan Forum Breach?

Forum Breach atau Breach Forums disebut-sebut sebagai pengganti forum sebelumnya bernama Raid Forums. Raid Forums didirikan pada tahun 2015. Raid Forums kemudian berkembang hingga menjadi forum yang populer di kalangan para hacker dalam melakukan transaksi jual-beli data curian.

Kelahiran Raid Forums dapat dikatakan sebagai cikal-bakal lahirnya Forum Breach. Forum Raid pernah tercatat sebagai gembong kejahatan dunia maya underground berbahasa Inggris. Padahal penciptanya adalah bocah berusia 14 tahun dengan sebutan “Diogo Santos Coelho” alias “Mahakuasa.

Popularitas ini terus tumbuh selama 7 tahun sejak 2015. Bahkan forum itu menjadi pasar utama untuk kegiatan kriminal, hingga kemudian ditindak dan ditutup pada akhir Februari 2022.

Forum tersebut kemudian ditindak dan ditutup oleh penegak hukum pada Februari 2022 karena kejahatan dunia mayanya terkait jual-beli data ilegal.

Namun sejarah mencatat, Raid Forums telah meninggalkan jejak yang sangat baik di mata para hacker. Forum itu mendapat kepercayaan dari para hacker sebagai tempat atau forum jual-beli data ilegal.

Setelah beberapa bulan Raid Forums ditutup, lahirlah Breach Forums, yang digadang-gadang sangat potensial sebagai pengganti Raid Forums. Sejak didirikan, Breach Forums memiliki banyak kesamaan dari berbagai aspek dengan Raid Forums.

Kemungkinan besar pencipta Breach Forums adalah mereka yang pernah berkecimpung dalam Raid Forums, kemudian muncul kembali melalui platform Breach Forums, pasca-ditutupnya Raid Forums.

Anggota Breach Forums secara global hanya lebih sedikit 10% di bawah Raid Forums. Dalam kondisi demikian, Forum Breach berpotensi menjadi hub global dengan traffic tinggi dalam menjual data-data curian. Karena itu, kehadiran Forum Breach tidak bisa diabaikan.

Leave a Comment