20 Hal Terpenting tentang Reksadana yang Wajib Diketahui

reksadana adalah

Reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi Anda yang tidak punya banyak waktu dan enggan mengambil risiko. Bagi kalian yang sedang mencari alternatif investasi dan ada saudara atau teman yang menyarankan untuk membeli reksadana, alangkah lebih baik kalian mengenali lebih detail soal industri ini.

Tujuannya agar kalian bisa memahami industri reksadana. Dan kali ini tim Vinansia akan coba berbagi informasi soal seluk-beluk industri reksadana ini.

Pengertian Reksadana

Reksadana dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama ‘mutual fund‘ yang artinya kalau dilihat dari segi bahasa berarti dana bersama. Sedangkan di Indonesia dikenal sebagai reksadana.

1. Dana dari investor Diinvestasikan oleh Manajer Investasi

Entah siapa yang mulai mempopulerkan nama mutual fund sebagai reksadana di Indonesia. Tetapi secara umum, reksadana diartikan sebagai sekumpulan dana dari investorĀ  yang diinvestasikan di pasar keuangan oleh seseorang yang disebut manajer investasi.

Misalnya kalian ingin investasi di pasar modal tapi kalian kurang mengerti atau tidak punya waktu. Maka kalian bisa mempercayakan dana anda untuk dikelola oleh orang yang sangat memahami dan berpengalaman di industri pasar modalĀ  yang disebut sebagai manajer investasi.

baca juga: Pengertian Reksadana Beserta Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Mirip Private Equity dan Modal Ventura

Berarti, itu mirip seperti private equity dan modal ventura yang telah dibahas oleh kami. Secara prinsip memang sama, yaitu sama sama mengelola dana dari investor atau pemodal.

Tetapi perbedaanya, dana reksadana umumnya diinvestasikan ke pasar saham, surat utang atau obligasi, dan ada juga yang di deposito.

Sedangkan untuk private equity, dananya lebih banyak diinvestasikan ke perusahaan yang statusnya belum terbuka. Belum terbuka di sini artinya perusahaan tersebut belum mencatatkan sahamnya di bursa efek.

Leave a Comment